Langsung ke konten utama

Kaum Lansia Mengalami Berbagai Macam Kekerasan


Publikasi WHO terbaru menyebutkan bahwa terdapat satu dari enam orang lanjut usia atau lansia yang mengalami kekerasan. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Studi Lacet Global Health yang didukung WHO menemukan bahwa hampir 16% orang lanjut usia berumur 60 tahun ke atas mengalami berbagai macam kekerasan.

Pertama kekerasan secara psikis 11,6%, kekerasan finansial 6,8%, terabaikan 4,2%, kekerasan fisik 2,6%, dan kekerasan seksual sebesar 0,9%.

Studi ini dilakukan pada 28 negara, termasuk 12 negara berpendapatan menengah ke bawah.

Kasus kekerasan terhadap lansia mulai meningkat. Hal ini akan merugikan bagi masyarakat lansia yang jumlahnya mencapai 141 juta di dunia. Kita harus cepat melakukan sesuatu untuk merespons terjadinya kekerasan dalam berbagai bentuk tadi,” kata Penasihat Kesehatan Senior di WHO Alana Officer,  dikutip dari siaran pers.

Kekerasan terhadap lansia sebenarnya masih menjadi topik yang tabu. WHO mendefinisikan kekerasan terhadap lansia merupakan tindakan kurang menghargai yang dapat membahayakan lansia dalam segala bentuk hubungan.

Segala bentuk kekerasan terhadap lansia akan berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Alana menilai kekerasan secara psikologis, yang paling banyak terjadi, dapat membahayakan masyarakat lansia.

Hal tersebut terjadi dalam bentuk seperti pemanggilan nama, menakut-nakuti, mempermalukan, merusak barang, atau menghalangi mereka bertemu dengan teman dan keluarganya.

Kekerasan finanansial berupa menggunakan uang, properti, atau aset lansia secara ilegal.

Adapun penelantaran merupakan tidak memberikan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kesehatan.

Dampak kesehatan yang diakibatkan oleh kekerasan ini memengaruhi trauma, depresi, stres, dan kecemasan.

Kekerasan terhadap lansia dapat meningkatkan risiko keselamatan jiwa hingga kematian.

Kekerasan terhadap lansia jarang menjadi bahan diskusi dalam lingkup kebijakan sehingga tidak menjadi prioritas untuk subjek penelitian. Pemerintah harus melindungi semua masyarakat dari kekerasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanah Dijual Area Pinggir Jalan

Memiliki tanah tentu saja suatu pencapaian yang besar dan hal yang mesti dibanggakan. Siapa sih yang tak ingin memiliki tanah yang luas? Sudah pasti semua orang ingin memiliki tanah yang luas dan berloksi di tempat yang strategis. Seperti kita tahu bahwa usia kita semakin menua. Sebagai bentuk persiapan atau bekal di usia tua, maka kita harus menyiapkannya sedari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan membeli tanah yang murah yang ada di sekitar kita. Nah jikalu sudah memiliki tanah sendiri, maka dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan kita akan bisa menjualnya kembali dan tentu saja sangat banyak untung yang akan kita dapatkan. Anda penasaran dan ingin mencoba? Yuk investasi tanah sedari sekarang.
Tanah Dijual Murah
Mencari tanah dijualmemang bukan perkara yang mudah. dibutuhkan banyak usaha dengan mencarinya berkunjung satu per satu dari satu daerah ke daerah lainnya. jikalau ada biasanya lokasi dari tanah tersebut masih kurang sesuai dengan yang kita inginkan dan masih kurang …

Rumah Dijual Murah Di Cibinong Bogor

Memiliki rumah pribadi di zaman sekarang ini memang menjadi keinginan semua orang. Entah rumah itu nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal atau sekedar investasi. Namun, seringkali harga rumah yang melangit membuat seseorang berfikir dua kali untuk bisa mendapatkan rumah idaman. Nah, oleh karena itu Anda harus pandai dalam menemukan rumah yang dijual dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas yang terbaik. Salah satu rumah yang dijual dengan harga murah adalah rumah dijual murah di Cibinong Bogor. Berikut ulasan lengkapnya.
Rumah Dijual Murah Di Cibinong Bogor Berkualitas
Selain rumah yang murah, Anda harus memperhatikan kualitas dari rumah tersebut sehingga Anda tidak akan menyesal nantinya. Rumah di Cibinong Bogor ini memang dijual dengan harga yang murah,  namun tetap menawarkan kualitas yang terbaik. Kualitas yang dimaksud tidak hanya dari sisi material, namun juga dari sisi model sehingga Anda tidak akan ketinggalan zaman jika membeli rumah dengan tipe ini.
Model Ruma…

Pertimbangan Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Dijual di Banten Baru atau Bekas

Mau beli rumah dijualBanten yang baru atau rumah bekas?Cukup mengecoh ya pertanyaannya. Tidak apa apa. Mau beli rumah baru atau rumah bekas semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Yang penting tidak membeli bekas rumah. Membeli rumah memang bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Banyak fungsinya jikapun tidak anda pakai.
Anda bisa sewakan misalnya. Atau dibikin usaha pun oke. Atau dikemudian hari jika anda butuh uang bisa anda jual dengan harga yang sama atau lebih tinggi. Mengingat harga jual rumah selalu naik tiap tahunnya.Lalu, yang kerap membuat kepala ini cukup pusing ialah, pilih unit baru atau unit bekas? Agar Anda tidak kebingungan dengan pilihan tersebut, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan:
Membeli Rumah Bekas Harganya Relatif murah
Sudah tentu harga rumah bekas relatif lebih murah. Rumah dijual Banten juga banyak yang berupa rumah bekas layak huni.  Maksudnya, dengan memakai jumlah uang yang sama, Anda dapat membeli rumah b…