Langsung ke konten utama

Tips Agar Bisa Melupakan Mantan


Melupakan mantan kekasih atau mantan suami bukanlah perkara mudah. Karena sebelumnya, dia adalah orang yang Anda sayangi dan merupakan orang terdekat.

Tapi, melupakan seorang mantan adalah hal yang perlu dilakukan dalam sebuah tahap hubungan. Tujuannya, agar Anda bisa menjalani hidup Anda ke depan, tanpa harus mengingat rasa sakit hati atau kenangan bersamanya.

Waktu dan cara seseorang melupakan mantannya itu beragam. Tidak semua orang bisa menerapkan cara dan metode yang sama untuk melupakan mantannya.
Lantas, bagaimana cara melupakan mantan yang efektif, dan tidak lagi membuat Anda merasa sakit hati atau kembali memikirkannya. Berikut tips yang dikutip dari wikihow

1. Bersedihlah

Akhir hubungan kadang terasa nyaris seperti kematian orang tercinta. Anda boleh bersedih karena kehilangan ini.
Emosi menyakitkan tidak bisa dihapus begitu saja. Bahkan, Anda akan mendapati rasa sakit akan jauh lebih mudah diatasi jika Anda menghadapi emosi tanpa penilaian apa-apa.

Berusaha menekan pikiran hanya akan membuatnya lebih kuat. Bahkan Anda mungkin mulai memimpikan mantan jika tidak mengizinkan diri mengalami semua emosi dan pikiran tersebut.

Menangislah jika Anda mau. Anda akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan semua dalam tangisan ketimbang memendam perasaan selamanya.

2. Bicaralah dengan orang yang Anda percaya

Kadang Anda hanya membutuhkan orang untuk mendengarkan, bukan memberikan saran. Walaupun Anda tidak mengerti mengapa semua ini terjadi, berbicara dengan seseorang dapat membantu Anda menerima bahwa hubungan memang telah berakhir.

Jika Anda tidak merasa nyaman membicarakannya kepada keluarga dan teman, pertimbangkan untuk menemui terapis atau bergabung dengan forum grup pendukung di internet.

Mungkin akan membantu jika Anda berpura-pura mengobrol dengan mantan tentang semua kesedihan yang Anda pendam. Ini memungkinkan Anda membicarakan semua perasaan tanpa benar-benar menciptakan kontak dengan mantan dan membantu Anda menerima kenyataan.

3. Buanglah kemarahan

Jika Anda terobsesi pada hal-hal menyakitkan yang dilakukan mantan pada Anda, Anda tidak akan pernah bisa melupakannya. Sebesar apa pun kemarahan yang Anda rasakan, Anda harus berhenti menimang-nimang pikiran negatif itu.

Saat berusaha mengatasi pikiran yang terus saja kembali, Anda perlu menghadapinya dengan gagah karena itu akan membantu. Renungkan mengapa Anda memikirkan hal itu, bagaimana pikiran tersebut mungkin menyimpang atau tidak benar, dan pengaruh negatif apa yang ditimbulkan pikiran itu pada Anda sekarang.

Semakin Anda mengakui adanya pikiran itu, semakin mudah bagi Anda untuk melepaskannya.

4. Jujurlah kepada diri sendiri

Setelah perpisahan, sering kali orang tidak jujur kepada diri sendiri tentang kualitas hubungan atau alasan berakhirnya hubungan itu. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan baik-baik sebahagia apa Anda menjalani hubungan itu dan apa yang membuatnya berakhir. Dengan demikian, Anda dapat berhenti mengidealkan hubungan yang sebenarnya tidak indah.

Sikap jujur juga membantu Anda mempertanyakan apa peran Anda dalam putusnya hubungan karena ini dapat membantu Anda membuang kemarahan.

5. Carilah bantuan yang Anda butuhkan

Putus cinta dapat berdampak serius pada kesejahteraan fisik dan mental, khususnya jika Anda masih memikirkannya beberapa bulan kemudian. Putus cinta telah diasosiasikan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatnya risiko penyakit. Orang yang belum melupakan putus cinta dalam 16 minggu bahkan dapat mengalami perubahan fisik di otak yang mengurangi motivasi, konsentrasi, dan emosi. Sangat penting bagi Anda untuk mencari bantuan profesional sebelum kesehatan fisik mulai terganggu.

Terapis dapat membantu dengan mendengarkan, mendorong Anda untuk menghadapi perasaan, dan mengajarkan cara baru untuk mengatasi rasa sakit.

6. Ingatkan diri Anda untuk melepaskan semuanya

Ada berbagai teknik perilaku yang dapat dicoba untuk menghentikan pikiran obsesif tentang mantan. Semua teknik ini bergantung pada kemampuan Anda untuk mengakui bila suatu pikiran tentang mantan memasuki benak Anda dan mengambil tindakan tertentu untuk mencegahnya agar tidak kembali. Ingatlah bahwa teknik ini hanya boleh digunakan untuk pikiran obsesif. Jika Anda belum mengatasi perasaan dan membiarkan diri bersedih, Anda seharusnya tidak berusaha menekan pikiran.

Anda dapat mencoba memakai gelang karet di pergelangan tangan dan menggunakannya untuk menjentik tangan Anda setiap kali memikirkan mantan, mencoba menuliskan pikiran-pikiran tentang mantan di atas selembar kertas dan kemudian membuangnya.

Anda juga dapat mencoba latihan visualisasi yang mengharuskan Anda memvisualisasikan adegan spesifik setiap kali pikiran itu muncul. Misalnya, Anda dapat memikirkan tanda berhenti dalam upaya mengingatkan diri untuk berhenti melakukan apa yang sekarang Anda lakukan. Jika Anda konsisten, asosiasi pikiran tentang mantan dan keharusan berhenti akan tercipta secara otomatis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanah Dijual Area Pinggir Jalan

Memiliki tanah tentu saja suatu pencapaian yang besar dan hal yang mesti dibanggakan. Siapa sih yang tak ingin memiliki tanah yang luas? Sudah pasti semua orang ingin memiliki tanah yang luas dan berloksi di tempat yang strategis. Seperti kita tahu bahwa usia kita semakin menua. Sebagai bentuk persiapan atau bekal di usia tua, maka kita harus menyiapkannya sedari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan membeli tanah yang murah yang ada di sekitar kita. Nah jikalu sudah memiliki tanah sendiri, maka dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan kita akan bisa menjualnya kembali dan tentu saja sangat banyak untung yang akan kita dapatkan. Anda penasaran dan ingin mencoba? Yuk investasi tanah sedari sekarang.
Tanah Dijual Murah
Mencari tanah dijualmemang bukan perkara yang mudah. dibutuhkan banyak usaha dengan mencarinya berkunjung satu per satu dari satu daerah ke daerah lainnya. jikalau ada biasanya lokasi dari tanah tersebut masih kurang sesuai dengan yang kita inginkan dan masih kurang …

Rumah Dijual Murah Di Cibinong Bogor

Memiliki rumah pribadi di zaman sekarang ini memang menjadi keinginan semua orang. Entah rumah itu nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal atau sekedar investasi. Namun, seringkali harga rumah yang melangit membuat seseorang berfikir dua kali untuk bisa mendapatkan rumah idaman. Nah, oleh karena itu Anda harus pandai dalam menemukan rumah yang dijual dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas yang terbaik. Salah satu rumah yang dijual dengan harga murah adalah rumah dijual murah di Cibinong Bogor. Berikut ulasan lengkapnya.
Rumah Dijual Murah Di Cibinong Bogor Berkualitas
Selain rumah yang murah, Anda harus memperhatikan kualitas dari rumah tersebut sehingga Anda tidak akan menyesal nantinya. Rumah di Cibinong Bogor ini memang dijual dengan harga yang murah,  namun tetap menawarkan kualitas yang terbaik. Kualitas yang dimaksud tidak hanya dari sisi material, namun juga dari sisi model sehingga Anda tidak akan ketinggalan zaman jika membeli rumah dengan tipe ini.
Model Ruma…

Pertimbangan Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Dijual di Banten Baru atau Bekas

Mau beli rumah dijualBanten yang baru atau rumah bekas?Cukup mengecoh ya pertanyaannya. Tidak apa apa. Mau beli rumah baru atau rumah bekas semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Yang penting tidak membeli bekas rumah. Membeli rumah memang bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Banyak fungsinya jikapun tidak anda pakai.
Anda bisa sewakan misalnya. Atau dibikin usaha pun oke. Atau dikemudian hari jika anda butuh uang bisa anda jual dengan harga yang sama atau lebih tinggi. Mengingat harga jual rumah selalu naik tiap tahunnya.Lalu, yang kerap membuat kepala ini cukup pusing ialah, pilih unit baru atau unit bekas? Agar Anda tidak kebingungan dengan pilihan tersebut, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan:
Membeli Rumah Bekas Harganya Relatif murah
Sudah tentu harga rumah bekas relatif lebih murah. Rumah dijual Banten juga banyak yang berupa rumah bekas layak huni.  Maksudnya, dengan memakai jumlah uang yang sama, Anda dapat membeli rumah b…