Langsung ke konten utama

Kaum Lansia Mengalami Berbagai Macam Kekerasan


Publikasi WHO terbaru menyebutkan bahwa terdapat satu dari enam orang lanjut usia atau lansia yang mengalami kekerasan. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Studi Lacet Global Health yang didukung WHO menemukan bahwa hampir 16% orang lanjut usia berumur 60 tahun ke atas mengalami berbagai macam kekerasan.

Pertama kekerasan secara psikis 11,6%, kekerasan finansial 6,8%, terabaikan 4,2%, kekerasan fisik 2,6%, dan kekerasan seksual sebesar 0,9%.

Studi ini dilakukan pada 28 negara, termasuk 12 negara berpendapatan menengah ke bawah.

Kasus kekerasan terhadap lansia mulai meningkat. Hal ini akan merugikan bagi masyarakat lansia yang jumlahnya mencapai 141 juta di dunia. Kita harus cepat melakukan sesuatu untuk merespons terjadinya kekerasan dalam berbagai bentuk tadi,” kata Penasihat Kesehatan Senior di WHO Alana Officer,  dikutip dari siaran pers.

Kekerasan terhadap lansia sebenarnya masih menjadi topik yang tabu. WHO mendefinisikan kekerasan terhadap lansia merupakan tindakan kurang menghargai yang dapat membahayakan lansia dalam segala bentuk hubungan.

Segala bentuk kekerasan terhadap lansia akan berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Alana menilai kekerasan secara psikologis, yang paling banyak terjadi, dapat membahayakan masyarakat lansia.

Hal tersebut terjadi dalam bentuk seperti pemanggilan nama, menakut-nakuti, mempermalukan, merusak barang, atau menghalangi mereka bertemu dengan teman dan keluarganya.

Kekerasan finanansial berupa menggunakan uang, properti, atau aset lansia secara ilegal.

Adapun penelantaran merupakan tidak memberikan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kesehatan.

Dampak kesehatan yang diakibatkan oleh kekerasan ini memengaruhi trauma, depresi, stres, dan kecemasan.

Kekerasan terhadap lansia dapat meningkatkan risiko keselamatan jiwa hingga kematian.

Kekerasan terhadap lansia jarang menjadi bahan diskusi dalam lingkup kebijakan sehingga tidak menjadi prioritas untuk subjek penelitian. Pemerintah harus melindungi semua masyarakat dari kekerasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Ingin Jadi Orang yang Lebih Ramah

Ingin jadi orang yang lebih ramah? Mungkin Anda harus mulai membaca buku karena menurut studi baru, rutin membaca membuatmu lebih ramah dan berempati.
Sebanyak 123 partisipan ditanya mengenai preferensi soal buku, TV dan pertunjukan. Kemudian kemampuan interpersonal mereka diuji, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain dan apakah mereka gemar menolong orang lain.
Studi yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan bahwa pembaca buku cenderung punya perilaku baik ketimbang mereka yang lebih suka menonton televisi.
Pencinta TV cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang lain.
Namun, tidak sembarang buku yang membuat Anda jadi lebih baik karena tipe literatur juga punya dampak besar terhadap kecerdasan emosi.
Dilansir Independent, studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sementara pembaca novel drama dan percintaan cenderung lebih punya empati.
Serupa, pencinta dari buku eksperimental menunjuk…

4 Bisnis Jelang Lebaran yang Jarang Terpikirkan dari Modal Pinjaman

Banyak sekali jenis bisnis dadakan di Bulan Ramadhan, Lebaran, dan pasca Lebaran yang bisa digeluti. Sektor kuliner semacam takjil dan makanan utama, ragam apparel, sampai kue kering Lebaran mungkin sudah biasa dan banyak ditemui. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis Lebaran yang jarang terpikirkan dari modal pribadi maupun pinjaman, 4 bisnis berikut bisa dijadikan referensi. 1. Kartu LebaranBisnis pertama adalah kartu Lebaran unik. Meski kartu Lebaran mulai ditinggalkan karena orang-orang lebih suka menggunakan video call dan telepon sebagai pengganti mudik, kartu Lebaran masih banyak peminatnya. Kartu Lebaran selalu menjadi hadiah yang berkesan bagi penerimanya, apalagi dengan berbagai kelebihannya. Bagi perantau yang tidak dapat mudik karena beberapa alasan tertentu, bukan hanya komuniksi via telepon yang dipilih. Kartu Lebaran juga diburu karena mereka bisa menuliskan kalimat yang tidak bisa dikirim via SMS. Apalagi dengan berbagai dekorasi, puisi, dan musik pengiring begitu kar…

Kelebihan Produk Sepatu 3second

Sepatu 3second - Sepatu adalah salah satu barang yang dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang, terutama para pria. Perkembangan tren mode untuk jenis aksesori ini sudah berkembang menjadi sangat pesat. Ada banyak produk yang ditawarkan dengan berbagai kualitas seperti salah satunya adalah sepatu 3second yang sekarang dapat Anda jadikan sebagai pilihan sepatu terbaik untuk keperluan sehari-hari seperti nongkrong, ke kampus dan sebagainya. Sepatu ini cocok untuk remaja atau orang dewasa. Sekarang ini, semua orang bahkan dapat membeli sepatu dengan cara yang mudah dan cepat melalui sistem pembelian dan penjualan online yang telah menjadi tren belanja publik di negara ini. Sepatu3second itu sendiri adalah salah satu barang fashion yang memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah seperti bahan yang nyaman digunakan, desain sesuai dengan tren saat ini, harga terjangkau dan berbagai keunggulan lain yang dapat Anda pertimbangkan. Itulah daya tarik utama mengapa remaja dan orang de…