Langsung ke konten utama

Kenali Tanda Psikopat


Anda mungkin pernah memanggil tetangga dengan kata "psiko" karena tingkah laku mereka yang kasar atau memberi label "psikopat" untuk karakter jahat di film-film populer.

Seseorang yang menjengkelkan atau perundung belum tentu seorang psikopat, ada beberepa kriteria yang harus dipenuhi sehingga ia dapat dikategorikan mengidap kelainan jiwa itu, demikian seperti dijelaskan oleh Hare Psychopathy Checklist.

Lalu bagaiman acara mengenali seorang psikopat di sekitar kita, terutama di lingkungan kerja?

Meski hanya seorang profesional yang dapat mendiagnosis psikopati, bos dan rekan kerja dapat menunjukkan sejumlah tanda seorang psikopat di tempat kerja.

Berikut 15 tandapsikopat seperti dilansir dari laman Independent.

1. Mereka memiliki motif dan niat sadis

"Saya pikir tanda yang paling terkenal adalah sifat sadis mereka," kata Andrew Faas, mantan eksekutif senior dua organisasi ritel terbesar di Kanada dan penulis "The Bully's Trap" kepada Business Insider.

Seorang psikopat memotivasi orang lain melalui rasa takut, dan bukannya rasa hormat, katanya, dan mereka berniat untuk menghancurkan daripada membetulkan.

Karakteristik inilah yang membedakan psikopat dari atasan atau rekan kerja yang hanya "tegas," kata dia.

"Saya telah memimpin dan mengelola tenaga kerja dalam jumlah beribu-ribu, dan saya selalu menjadi pemimpin yang sangat menuntut, tapi saya memotivasi melalui rasa hormat karena saya ingin orang memperbaiki diri," kata Faas.

2. Mereka pandai berbicara dan menebarkan pesona yang palsu

Psikopat ahli dalam menampilkan diri mereka dengan baik.

Mereka adalah pembicara hebat yang dapat dengan mudah menaburkan chit-chat dengan tanggapan cerdas dan cerita "tidak mungkin tapi meyakinkan" yang membuat mereka terlihat baik, tulis psikolog Robert Hare, kreator "Hare Psychopathy Checklist," dalam sebuah posting di Psychology Today.

Dihadapkan dengan pesona seperti itu, Anda mungkin percaya bahwa psikopat itu orang yang menyenangkan, bahkan hingga akhir percakapan.

3. Mereka menganggap diri mereka penting

Psikopat melihat diri mereka sebagai pusat alam semesta, tulis Hare di Psychology Today. Mereka berpikir mereka sangat penting sehingga mereka percaya bahwa orang lain hanyala alat yang bisa digunakan.

4. Mereka percaya diri

Banyak orang bermasalah dengan kepercayaan diri mereka. Psikopat, di sisi lain, dapat diidentifikasi dengan kepercayaan diri mereka yang terlalu tinggi, menurut Dr. William Hirstein dalam Psychology Today.

Hati-hatilah rekan kerja yang selalu membicarakan betapa hebatnya mereka.

5. Mereka pembohong hebat

Begitu psikopat mulai berbohong, mereka tidak bisa dan tidak mau berhenti.

Tidak seperti orang normal, psikopat tidak peduli jika kebohongan mereka diketahui karena mereka bisa berbohong lagi untuk menutupinya, katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Ingin Jadi Orang yang Lebih Ramah

Ingin jadi orang yang lebih ramah? Mungkin Anda harus mulai membaca buku karena menurut studi baru, rutin membaca membuatmu lebih ramah dan berempati.
Sebanyak 123 partisipan ditanya mengenai preferensi soal buku, TV dan pertunjukan. Kemudian kemampuan interpersonal mereka diuji, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain dan apakah mereka gemar menolong orang lain.
Studi yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan bahwa pembaca buku cenderung punya perilaku baik ketimbang mereka yang lebih suka menonton televisi.
Pencinta TV cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang lain.
Namun, tidak sembarang buku yang membuat Anda jadi lebih baik karena tipe literatur juga punya dampak besar terhadap kecerdasan emosi.
Dilansir Independent, studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sementara pembaca novel drama dan percintaan cenderung lebih punya empati.
Serupa, pencinta dari buku eksperimental menunjuk…

4 Bisnis Jelang Lebaran yang Jarang Terpikirkan dari Modal Pinjaman

Banyak sekali jenis bisnis dadakan di Bulan Ramadhan, Lebaran, dan pasca Lebaran yang bisa digeluti. Sektor kuliner semacam takjil dan makanan utama, ragam apparel, sampai kue kering Lebaran mungkin sudah biasa dan banyak ditemui. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis Lebaran yang jarang terpikirkan dari modal pribadi maupun pinjaman, 4 bisnis berikut bisa dijadikan referensi. 1. Kartu LebaranBisnis pertama adalah kartu Lebaran unik. Meski kartu Lebaran mulai ditinggalkan karena orang-orang lebih suka menggunakan video call dan telepon sebagai pengganti mudik, kartu Lebaran masih banyak peminatnya. Kartu Lebaran selalu menjadi hadiah yang berkesan bagi penerimanya, apalagi dengan berbagai kelebihannya. Bagi perantau yang tidak dapat mudik karena beberapa alasan tertentu, bukan hanya komuniksi via telepon yang dipilih. Kartu Lebaran juga diburu karena mereka bisa menuliskan kalimat yang tidak bisa dikirim via SMS. Apalagi dengan berbagai dekorasi, puisi, dan musik pengiring begitu kar…

Kelebihan Produk Sepatu 3second

Sepatu 3second - Sepatu adalah salah satu barang yang dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang, terutama para pria. Perkembangan tren mode untuk jenis aksesori ini sudah berkembang menjadi sangat pesat. Ada banyak produk yang ditawarkan dengan berbagai kualitas seperti salah satunya adalah sepatu 3second yang sekarang dapat Anda jadikan sebagai pilihan sepatu terbaik untuk keperluan sehari-hari seperti nongkrong, ke kampus dan sebagainya. Sepatu ini cocok untuk remaja atau orang dewasa. Sekarang ini, semua orang bahkan dapat membeli sepatu dengan cara yang mudah dan cepat melalui sistem pembelian dan penjualan online yang telah menjadi tren belanja publik di negara ini. Sepatu3second itu sendiri adalah salah satu barang fashion yang memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah seperti bahan yang nyaman digunakan, desain sesuai dengan tren saat ini, harga terjangkau dan berbagai keunggulan lain yang dapat Anda pertimbangkan. Itulah daya tarik utama mengapa remaja dan orang de…