Langsung ke konten utama

Kebaya Salah Satu Identitas Perempuan Indonesia


Tepat pukul 08.30 WIB, sekitar 16.000 perempuan anggota PKK Kabupaten Pekalongan berkumpul di alun-alun Kajen. Di bawah teriknya matahari, mereka mengenakan baju tradisional kebaya. Beberapa di antaranya bahkan luntur riasannya akibat tersapu keringat yang bercucuran.

Namun, antusiasme para perempuan ini mengalahkan rasa tidak nyamannya. Mereka rela berbaris mengikuti barisan yang sengaja diatur sesuai dengan kecamatan domisilinya.

Hari itu menjadi momen bersejarah bagi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Munafah. "Kami ingin menunjukkan bahwa perempuan Pekalongan memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya pelestarian budaya bangsa-dalam hal ini pemakaian kebaya. Dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih,” katanya sehari setelah Hari Kartini.

Dengan mendukung gerakan berkebaya yang digagas oleh Komunitas Perempuan Berkebaya, Munafah berharap perekonomian para pengrajin akan menjadi lebih baik.
Sebagai apresiasi, acara ini dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memecahkan rekor mengenakan kebaya dengan jumlah terbanyak.

Sementara salah satu pendiri Komunitas Perempuan Berkebaya Rahmi Hidayati menyatakan bahwa kebaya bukan hanya sekedar busana, tapi juga pembawa nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendahulu kita.

"Kebaya adalah salah satu identitas perempuan Indonesia yang memilih nilai filosofi tinggi. Kehadirannya dimulai ketika Islam masuk ke Indonesia dengan membawa ajaran bahwa bagian tubuh tertentu yang dinamakan aurat harus ditutup dan kebaya menjadi penumpunya," ujar Rahmi.

Nilai-nilai kegigihan, perjuangan dan kepandaian Kartini seperti ikut melekat pada sehelai kebaya yang semakin banyak dipakai belakangan ini.

Kebaya pada akhirnya Juga menyangkut masalah ekonomi. Kehadirannya sebagai busana yang makin kerap dipakai membuat industri yang berhubungan dengan kebaya akan tumbuh dengan baik. Misalnya saja industri garmen, para penjahit, kain batik atau tenun, aksesori, selop dan tas tangan. Berbagai bentuk ekonomi kreatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,"ujar Rahmi.

Untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan nilai budaya, sosial, religi, dan ekonomi yang melekat di sehelai kebaya, diperlukan keterlibatan banyak pihak pemerintah, swasta, masyarakat dan akademisi perlu bekerjasama agar kebaya dikenal dengan baik, dicintai, dan dilestarikan eksistensinya.

GERAKAN ANTIKORUPSI
Namun, kebaya hanyalah simbol. Perlu ada gerakan nyata dalam menampilkan peran wanita yang lebih besar. Saya Perempuan Antikorupsi atau SPAK menjadi salah satu program edukasi bagi perempuan untuk menekankan nilai kejujuran, terutama untuk memberantas tindak korupsi.

Wanita harus bisa menjadi tiang keluarga dalam menegakkan kebenaran karena perannya yang masif terhadap pembentukan karakter anggota keluarga. Namun, rendahnya pengetahuan perempuan tentang definisi, proses dan dampak korupsi bagi masa depan bangsa menjadikan praktik korupsi bebas tanpa diadili.

Ketua Agen SPAK Yogyakarta Alimatul Qibtiyah mengatakan kalaupun wanita sudah memiliki pengetahuan yang cukup, studi yang dilakukannya tentang perempuan antikorupsi menunjukkan hanya 20% perempuan yang berani melapor.

Hal itu biasanya disebabkan karena mereka takut terkena imbasnya,” ujarnya.
Untuk itu, pemerintah daerah perlu menggalakkan program antikorupsi pada wanita di daerahnya. Salah satu cara agar perempuan bisa menjadi agen perubahan adalah melalui PKK. Kelompok ini seharusnya bisa memiliki peran aktif dalam memperkenalkan bahaya korupsi.

Alat edukasi SPAK biasanya lewat permainan. Contohnya tentang sembilan nilai keadlilan dan cara membedakan gratifikasi, korupsi, dan suap. Selain itu ada film Sahabat Pemberani yang bekerja sama dengan KPK,” ujarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Ingin Jadi Orang yang Lebih Ramah

Ingin jadi orang yang lebih ramah? Mungkin Anda harus mulai membaca buku karena menurut studi baru, rutin membaca membuatmu lebih ramah dan berempati.
Sebanyak 123 partisipan ditanya mengenai preferensi soal buku, TV dan pertunjukan. Kemudian kemampuan interpersonal mereka diuji, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain dan apakah mereka gemar menolong orang lain.
Studi yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan bahwa pembaca buku cenderung punya perilaku baik ketimbang mereka yang lebih suka menonton televisi.
Pencinta TV cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang lain.
Namun, tidak sembarang buku yang membuat Anda jadi lebih baik karena tipe literatur juga punya dampak besar terhadap kecerdasan emosi.
Dilansir Independent, studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sementara pembaca novel drama dan percintaan cenderung lebih punya empati.
Serupa, pencinta dari buku eksperimental menunjuk…

4 Bisnis Jelang Lebaran yang Jarang Terpikirkan dari Modal Pinjaman

Banyak sekali jenis bisnis dadakan di Bulan Ramadhan, Lebaran, dan pasca Lebaran yang bisa digeluti. Sektor kuliner semacam takjil dan makanan utama, ragam apparel, sampai kue kering Lebaran mungkin sudah biasa dan banyak ditemui. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis Lebaran yang jarang terpikirkan dari modal pribadi maupun pinjaman, 4 bisnis berikut bisa dijadikan referensi. 1. Kartu LebaranBisnis pertama adalah kartu Lebaran unik. Meski kartu Lebaran mulai ditinggalkan karena orang-orang lebih suka menggunakan video call dan telepon sebagai pengganti mudik, kartu Lebaran masih banyak peminatnya. Kartu Lebaran selalu menjadi hadiah yang berkesan bagi penerimanya, apalagi dengan berbagai kelebihannya. Bagi perantau yang tidak dapat mudik karena beberapa alasan tertentu, bukan hanya komuniksi via telepon yang dipilih. Kartu Lebaran juga diburu karena mereka bisa menuliskan kalimat yang tidak bisa dikirim via SMS. Apalagi dengan berbagai dekorasi, puisi, dan musik pengiring begitu kar…

Kelebihan Produk Sepatu 3second

Sepatu 3second - Sepatu adalah salah satu barang yang dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang, terutama para pria. Perkembangan tren mode untuk jenis aksesori ini sudah berkembang menjadi sangat pesat. Ada banyak produk yang ditawarkan dengan berbagai kualitas seperti salah satunya adalah sepatu 3second yang sekarang dapat Anda jadikan sebagai pilihan sepatu terbaik untuk keperluan sehari-hari seperti nongkrong, ke kampus dan sebagainya. Sepatu ini cocok untuk remaja atau orang dewasa. Sekarang ini, semua orang bahkan dapat membeli sepatu dengan cara yang mudah dan cepat melalui sistem pembelian dan penjualan online yang telah menjadi tren belanja publik di negara ini. Sepatu3second itu sendiri adalah salah satu barang fashion yang memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah seperti bahan yang nyaman digunakan, desain sesuai dengan tren saat ini, harga terjangkau dan berbagai keunggulan lain yang dapat Anda pertimbangkan. Itulah daya tarik utama mengapa remaja dan orang de…